Working Vista Pointer

Aplikasi Mova HC, penghambat Inversi Sukrosa

APLIKASI MOVA HC 
SEBAGAI PENGHAMBAT REAKSI INVERSI SUKROSA PADA TEBU


Mova HC adalah buffer suchrosa yang berfungsi untuk menghambat reaksi inversi pada batang tebu yang telah dipanen

MENGAPA TERJADI REAKSI INVERSI ………??!
 
Karena di alam terdapat mikroba liar yang hidupnya tergantung dari sukrosa yang merupakan sumber karbon ( C ) dan selanjutnya mikroba tersebut menghasilkan enzim invertase yang menginversi suchrosa tersebut menjadi glukosa dan fruktosa ( gula invert / gula reduksi ).


MULAI KAPAN REAKSI INVERSI ………??!
 
Sejak tanaman tebu mensintesa sukrosa, karena dalam tanaman secara alami juga mengandung enzim invertase, sedang reaksi inversi terbesar adalah pada saat tebu dipanen ( 87% ) diinversi oleh enzim invertase yang dihasilkan oleh mikro organisme di alam bebas. 


OLEH SIAPA dan DIHAMBAT OLEH APA..........??!
 
a.   Gula invert (glukosa + fruktosa) terbentuk karena adanya enzim invertase yang berasal dari
            Khamir (Saccharomyces cereviceae)
b.   Dextran terbentuk karena perombakan oligosakarida oleh :
            Bakteri (Leuconostoc dextranicum)


BAGAIMANA CARA APLIKASINYA ………??!
 
SANGAT MUDAH........
Semprotkan larutan Mova HC pada ujung-ujung batang tebu yang telah dilukai saat penebangan. Upayakan segera dilakukan penyemprotan setelah tebu ditebang. 


CATATAN :

1). Sangat efektif untuk mempertahankan potensi rendemen tebu dengan cara mencegah reaksi inversi sukrosa saat menunggu proses pengolahan di fabrikasi.
 
2). Memiliki multifungsi, selain memproteks sukrosa juga mengamankan pemasokan BBT dan lebih jauh lagi juga dapat berpengaruh terhadap efisiensi produksi gula karena kadar gula reduksi rendah sehingga harga kemurnian (HK) nira tinggi.

3). Aplikasi di lapang sangat mudah, murah dan aman karena disajikan dalam teknologi pasca panen tepat guna, sehingga para petani tidak enggan untuk melaksanakannya.

Referensi : www.google.com


0 komentar:

Posting Komentar