Working Vista Pointer

Wilayah Jatim Yg Awal & Akhir Masuk Musim Penghujan


Wilayah Jatim
Yang Paling Awal dan Akhir
Masuk Musim Penghujan



suarasurabaya.net - Memasuki musim penghujan yang diperkirakan akan terjadi sejak pertengahan Oktober, beberapa daerah di Jawa Timur ada yang lebih awal dan paling akhir memasuki musim penghujan.

Taufik Hermawan Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda pada suarasurabaya.net, Sabtu (4/10/2013) mengatakan, perbedaan terjadinya musim penghujan di Jawa Timur tergantung dari topografi atau letak wilayah.

"Tapi perbedaan antara wilayah satu dengan wilayah yang lain khususnya di Jawa Timur tidak berselang lama hitungannya harian," kata dia.




Taufik menjelaskan, wilayah yang paling awal masuk ke musim penghujan yakni Lumajang dan Kepanjen pada pertengahan Oktober antara tanggal 20-30 Oktober.

"Wilayah paling akhir memasuki musim penghujan yakni wilayah Pamekasan, Banyuwangi Timur dan Situbondo pada akhir November," ujar dia.

Sementara untuk Kota Surabaya, tambah dia, musim penghujan akan datang pada pertengahan November yakni antara tanggal 10-20 November 2013.

"Minggu kedua bulan Oktober ini diperkirakan ada yang sudah masuk ke musim pancaroba. Jadi kita imbau masyarakat waspada angin puting beliung," pungkas dia. (dwi/edy)

- Banjir di Surabaya, biasanya terjadi di musim penghujan.



Sumber : Suarasurabaya.net / 05 Oktober 2013, 12:44:57

1 komentar:

danoed mengatakan...

kamsiah infox....

Posting Komentar