Working Vista Pointer

GERAKAN TEBANGAN BERSIH



Penurunan berat tebu akibat penggabusan (voos) pada tanaman tebu merupakan fenomena agronomik yang terjadi setelah hujan berkepanjangan.  Namun demikian dengan kegiatan yang tersisa berupa manajemen tebang-angkut, persoalan kemungkinan turunnya produksi yang terlalu ekstrim diharapkan tidak terjadi.  Kegiatan tebangan bersih yang menunjang keberhasilan teknologi pascapanen merupakan salah satu kunci dalam perolehan hasil lebih baik.  Perolehan gula milik PG baik yang berasal dari 100% tebu sendiri maupun eks 34% bagi hasil dengan petani tebu rakyat terus didorong, antara lain melalui ketersediaan tebu rakyat mandiri yang selama ini tidak mempunyai ikatan avalist dengan PG.

Kesepakatan tentang tebangan bersih telah disampaikan manajemen beberapa waktu lalu.  Hasilnya dapat dilihat dari perolehan rendemen yang lebih baik, setidaknya pada tebu sendiri.

Unit Tanaman PG Pradjekan berusaha untuk mensosialisasikan mengenai pengiriman tebu bersih, salah satunya dengan membuat banner tebu tebang bersih. 




------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2 komentar:

Litbang.Pradjekan mengatakan...

pokoke plg yahuuud litbang pradjekan....

cosmos mengatakan...

Kalo demikian PG Pradjekan dapat dijadikan contoh, kena apa PG lain tidak mencontoh PG Pradjekan sih, kan sama-2 dibawah naungan PTP XI.

Posting Komentar